Powered by Blogger.
RSS

Investasi Reksadana

Efek sering nonton talk show-nya para Financial Planner, aku jadi penasaran sama yang namanya Reksadana. Pasalnya, semua Financial Planner tersebut menyarankan Reksadana sebagai pilihan investasi yang pas buat semua, bukan cuma buat orang kaya yang udah kelebihan uang, tapi justru pas buat kita-kita yang masih pas-pasan (kita..? gw aja kali ya?).

Sebenernya Reksadana itu apa siih.?
Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya. (Wikipedia)

Singkatnya begini ;
Kita dan para pembeli (unit penyertaan) reksadana lainnya, kumpulin uang ke manajer investasi, trus sama tu manager,uang yg ngumpul itu di kelola dengan cara di invest ke berbagai macam usaha. Naah.., keuntungan dari usaha  itu nantinya dibagikan ke kita dalam bentuk return ( bagi hasil ).

Dimana kita bisa beli Reksadana...?
Dulu, katanya reksadana bisa dibeli di hampir semua cabang bank, tapi sekarang,cuma bank yang punya sertifikat (apa gitu namanya, lupa eike..) yang bisa menjual reksadana.
Aku pernah hunting ke berbagai cabang bank Mandiri dan BCA, malah kebanyakan CS bank gak ngeh apa itu Reksadana (kok bisa sih..?), malah ujung-ujungnya di tawarin asuransi. Akhirnya ketemu juga, di kantor cabang yg paling besar. Kalo di tangerang,bisa beli di Bank Mandiri cabang pasar Anyar.
Jadi, kalo mau beli, cari kantor cabang yg terbesar dari bank tsb, insya allah ada.
Tapi kalo mau yang lebih pasti, datanglah ke Commonwealth Bank atau Schroders. Dua tempat itu udah pasti jual reksadana, dengan banyak pilihan.

Caranya..?
Siapin uangnya (ya ealah..!), KTP dan kartu NPWP, trus dateng ke bank, trus bilang deh sama mbak2 CS nya, mo beli Reksadana,gitu.
Biasanya kalo pertama pertama beli, diminta isi quesioner yang menguji pemahaman kita akan resiko investasi. Maksudnya untuk menentukan jenis reksadana yang pas buat kita.

Oya, ada macam-macam jenisnya, tapi intinya sih  4 ;
1.Pasar uang
2.pendapatan tetap
2.Campuran
3.Saham
Makin kebawah makin besar keuntungannya, tapi makin besar juga resikonya. Jadi kalo mau yang aman, pilih yg no 1 ato 2, kalo mau cepet hasilnya, dan gak takut resiko,pilihlah no 3/4.

Kita juga bisa beli reksadana dengan sistem Auto Invest, yaitu nyicil tiap bulan di debet dari rekening.
Kalo di Bank Mandiri minimal lima ratus ribu/bln, tapi di CommBank, ada yang mulai dari seratus ribu/ bln.

Halalkah...? 
Buat kita-kita yang muslim, tersedia reksadana syariah yang insya allah halal.

Amankah..?
Reksadana bukan produk bank, jadi gak dijamin oleh bank tempat kita beli, dan gak masuk kedalam program penjaminan simpanan, jadi gak dijamin pemerintah juga.
Bank hanya bertindak sebagai agen penjual Efek Reksadana.
Dan yang namanya usaha, pasti ada resiko ruginya juga.
Truus..., bisa ilang dong uang kita...?
Hehehe....tenaaang !, walopun gak dijamin pemerintah, tapi kegiatannya diawasi secara seksama oleh pemerintah. Jadi, menurutku sih relatif aman ya... lebih besar prospek keuntungannya daripada kerugiannya.

Apa hanya untuk orang kaya..?
Reksadana ini buat semua umat. Kalo kita punya uang cuma Rp.100.000 pun udah bisa tuh beli, bisa kan nyisihin Rp.100.000 sebulan? tinggal ngurangin jajan bakso aja, pasti bisa.

Ini aku share pengalamanku waktu pertama beli reksadana di bulan Juni 2012 sebesar 5 juta, pas aku jual di bulan Maret 2013, nilainya udah bertambah jadi Rp. 5.723.617. Lumayan banget kan..?
Coba kalo ditaro di bank, kali malah berkurang nilainya karena kena biaya tiap bulan, belum lagi godaan buat gesek ATM dimana-mana, hehe...


Gimana cara jualnya..?
Mudah banget, tinggal dateng lagi ke bank, bawa bukti pembelian, trus bilang ke CS, mo jual reksadana. Uang akan ditransfer ke rekening maksimal 7 hari setelahnya. Bisa juga lewat internet banking.

Gimana...?
Mudah dan fleksibel kan..? Coba yuuk.....!





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment