Powered by Blogger.
RSS

Beberapa Perubahan..

Ini bulan ke-empat Faiz (dan Ziki) resmi homeschool. Kalo diitung dari jadwal masuk sekolah normal ya.
Ada beberapa yang meleset dari rencana awal, tapi gak masalah..sampai sekarang juga masih banyak trial and eror. Semoga gak lebih banyak eror daripada trialnya, hehe..
Ada beberapa program yang gagal, tapi ada juga perkembangan lain, diluar planning yang muncul secara tak terduga.Diantaranya ;

1. Daily schedule
 Emang dari awal gak begitu yakin bakal sak klek berhasil, lha wong bundanya aja dari kecil ampe tua begini susah buat disiplin, gimana mo contohin anaknya, hehe.
tapi, yaa namanya juga usaha, gak ada salahnya dicoba. setidaknya gak semua gagal kok,
ada beberapa yang sukses ( jadwal mandi,makan, sikat gigi, berdoa,baca buku) beberapa yang tersendat (ngaji, shalat). Tapi aku gak nyerah kok, namanya juga proses, butuh perjuangan.Dan efek positifnya juga buat aku ikutan disiplin, emang mendidik yang paling efektif itu dengan contoh ya..?

2. Metode School at Home Jadi Unschooling
Niat awal pake School at Home, ada jadwal belajar tetap buat 2 pelajaran. aku pake kurikulum Cambridge, jadi fokus ke Math & Science aja, bahasa Inggrisnya lewat ngobrol sehari-hari ditambah les di LIA ntar kalo dah 7tahun. Tapi kayaknya Faiz gak suka (bosen atau belum waktunya kali ya..?) dengan cara begitu. Kalo dah waktunya belajar textbook, wajahnya terlihat enggaan gitu..
Jadilah aku berubah haluan.
Faiz boleh belajar yang Faiz ingin setiap harinya, aku support dengan berbagai macam buku, dan siap dengan Om Google yang stand by setiap saat.
Tak kusangka tak kuduga..,ternyata cara ini efektif buat faiz. Tiap belajar suatu objek jadi lebih utuh dan tuntas. Misalnya belajar tentang gunung berapi (jadi paham komplit dari mulai terjadinya,nama-namanya, dimana aja,proses,efek,dll..). Saat ini Faiz dah paham tentang siklus air, konsep benua negara kota, sistem tata surya,dll. dan semuanya itu tanpa disuruh, baca buku sendiri, trus nanya-nanya yang belum ngerti. hmm..ntar aku tulis di post yang lain deh, biar lengkap.

3. Pengembangan Minat dan Bakat
Sampe sekarang ini yang masih ribet n belum ketemu yang pas. Lha wong Faiz hobby utamanya merangkai lego. Idealnya kursus robotik kali ya..? tapi disekitar sini gak ada, jadi ditunda dulu. Kemarin ceritanya nyoba 3 macem les bersamaan.Sepak bola, Keyboard n ngaji.Daan..semuanya gagal, hehe...
gak papalah.., namanya aja usaha, gak smuanya berhasil kan ( menghibur diri, padahal agak ngenes karena smua dibayar diawal, dan cuma bertahan 2 minggu, trus mogok.hiks..)
Sekarang lagi nyobain berenang tiap minggu, belum daftar les, takut yg kemarin terulang, mubazir. Ngaji sementara diambil alih Bunda yang jadi Uztadzah dadakan, untung dah sempet les ngaji ama Umi Nufzah beberapa bulan yang lalu, benerin tajwid yang belum pas, hehe..lumayanlah..jadi pede ngajarin Faiz. ntar kalo dah mau tetep diusahain ke TPA, biar punya teman lebih banyak, gitu..

Alhamdulilah..,walau gak mudah..,so far aku dan Faiz ngerasa enjoy dengan proses homeschooling ini. Setiap momen yang kami lalui rasanya indaah..deh..! walaupun kadang diwarnai dengan tangis, marah, ngambek, kesel, dll..
Suatu hari nanti, setiap momen ini akan jadi kenangan indah buat Faiz, semoga bisa selalu jadi motivasi belajar untuk menjadi manusia yang sukses dunia akhirat.
Amiin...!


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 comments:

Siti Hairul Dayah/ catatansiemak said...

terharuuuuuu....mbak ini hampir sama dengan HS ala kami..tapi dirumahku lebih heboh kayaknya mbak.secara pesertanya ada 5.wkwkwk..ga cuman kesel mb, kadang sampai mau muntah, sakit perut, sakit gigi, kata anak2 sih.hihihi.tetap semangat mb

Maya said...

semangaattttt!!!!!!

Anonymous said...

Salam kenal mb vera, i love your blog! And congrats for your new baby, alhmdulillah
Ima, a hs ing mother of three.

vera said...

wuiih..! mantab nih 5 anak..aku aja 3 rasanya dah rempong..hehe..eh nama FB nya apa bun?, aku pgn ngobrol2 nih..anakku dah mulai tanya tentang perang israel palestina.msh pending jawabannya.lg ngumpulin info.siapa tau bisa share, gitu..

smartmommy said...

Siip..!
salam kenal yaa mbak maya..

smartmommy said...

salam kenal juga mbak ima..tq yaa..
sama nih kita,anaknya 3 ya..
seru nih kalo bisa tuker2an pengalaman hs-nya

Post a Comment