Powered by Blogger.
RSS

Seputar Jampersal

Alhamdulillah, sekarang aku sedang hamil anak ketiga, berita bahagia buat kami sekeluarga, tapi juga "agak" sedikit beban karena mengingat riwayat kedua anak terdalulu yang lahir secara caesar, dokter bilang yang ketiga ini harus caesar juga, mengingat resiko yang tinggi.

Mulai cari info biaya caesar di berbagai rumah sakit, ternyata minimal 7 juta untuk kelas 3, itupun kalo nggak ada masalah. Hmm...jadi minimal harus siap 10-15 juta nih..!

Alhamduillah, Allah memberi petunjuk  dengan adanya info tentang Jampersal. Insya allah bisa jadi solusi buat masalah finansial kami, sekarang jadi lebih tenang dan tinggal menikmati proses kehamilan yang indah ini.

Sebagai rasa syukur, aku pengen berbagi info yang kudapat seputar Jampersal ini,mengingat saat ini masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang adanya program yang bagus ini.
Dalam bentuk FAQ sepertinya lebih enak yaa..., ok kita mulai sekarang...

Q : Apakah Jampersal itu ?
A : Jampersal merupakan program kemetrian kesehatan yang berupa PAKET pelayanan persalinan, mulai sejak pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, dan pelayanan nifas termasuk bayi baru lahir dan KB pasca persalinan.Yang kesemuanya itu biayanya ditanggung oleh pemerintah alias gratis.

Q : Siapa saja yang berhak mengikuti program Jampersal ?
A : Syarat seseorang dapat menjadi penerima manfaat Jampersal adalah:
- Ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas (sampai 42 hari pasca melahirkan), dan bayi baru lahir (sampai dengan usia 28 hari).
- Belum memiliki jaminan pembiayaan persalinan dari pihak lain (Askes, Jamkesmas, Jamkesda, Jamsostek, dll). Termasuk utuk PNS yang anak ketiga tidak ditanggung ASKES.
- Bersedia dilayani di fasilitas kesehatan yang telah ditentukan oleh Pemerintah sesuai ketentuan Jampersal.
- Mempunyai KTP


Q :  Dimana kita bisa mendapat pelayanan Jampersal ?
A : Pelayanan Jampersal dapat diperoleh diPuskesmas, Bidan di Desa, atau fasilitas kesehatan swasta mitra Jamkesmas/Jampersal terdekat dan tidak harus di tempat domisili asal.

Q : Apakah proses kelahiran secara caesar juga bisa ditanggung Jampersal ?
A : Jika memang ada penyulit, maka bidan/puskesmas akan memberi rujukan ke rumahsakit  mitra jampersal, dan biaya tetap ditanggung pemerintah.

Q : Apakah tempat pelayanan persalinan melalui Jampersal  harus sesuai dengan alamat KTP ?
A. :  pelayanan Jampersal menganut asas portabilitas. Artinya, pelayanan persalinan dengan Jampersal  dapat   dilaksanakan di manapun, tanpa harus terikat dengan domisili ybs. Peserta Jampersal cukup menunjukkan identitas diri pada saat akan mendapatkan pelayanan Jampersal.

Q : Apakah kehamilan diluar nikah juga bisa ditanggung Jampersal ?
A : Ya, Jampersal tidak menjadikan buku nikah sebagai syarat

Q : Apakah kita bisa memilih rumah sakit rujukan ?
A : Jika ada penyulit, maka kita akan dirujuk di rumah sakit mitra Jampersal  yang bisa kita pilih. Untuk kota Tangerang, RS rujukan Jampersal antara lain ;
1. RSUD Tangerang
2. RS Bhakti Asih Cileduk
3. RS Sitanala
4. RS Sari Asih Karawaci
5. RS Usada Insani Cipondoh

Q : Apa saja yang penting harus disiapkan jika ingin mengikuti program ini ?
A : 1.KTP
      2.Buku KIA, bisa didapat di puskesmas secara gratis atau di bidan.
      3.Minimal 4 kali pemeriksaan selama hamil yang tercatat di buku KIA, jangan kurang dari 4 kali,  supaya    tidak ada masalah administrasi nantinya.

Semoga bermanfaat yaa...


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 comments:

Anonymous said...

Terimakasih artikel yang memberi solusi kami yang sedang menantikan kelahiran anak kami yang ketiga, yang hasil USG dinyatakan kembar dan yang satu kepala di atas, jika berkenan add saya di fb agar bisa sharing info. Terimakasih banyak.

Unknown said...

apakah jarak antara anak pertama dan kedua(yang akan dilahirkan menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan jampersal?

smartmommy said...

setau saya gak ada persyaratan jarak mbak..
simple banget kok
saya liat para ibu yg pake jampersal gak ditanya macem2
btw,saya gak jadi pake jampersal krn KTP suami kecuci pas menjelang lahiran.hiks..
padahal itu salah satu syaratnya

Post a Comment